China Jual Susu Sapi Serupa ASI

Kompas.com - 15/04/2011, 12:17 WIB
EditorEgidius Patnistik

BEIJING, KOMPAS.com — Susu dari sapi yang secara genetika direkayasa, yang menyerupai air susu ibu (ASI), akan memenuhi rak-rak toko di China sekitar dua tahun lagi.

Kementerian Pertanian China telah memberikan lampu hijau untuk uji coba keamanan susu tersebut, yang para ilmuwan klaim mengandung banyak gizi seperti ASI, termasuk protein laktalbumin, laktoferin, dan lysozume. "Protein-protein semacam itu dapat dengan mudah diserap oleh tubuh manusia dan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Itulah yang menyebabkan mengapa pemberian ASI selalu lebih baik ketimbang susu hewani dan formula bayi," kata Li Ning, seorang ahli bioteknologi di Universitas Pertanian China.

"Susu-susu yang diperah dari sapi kami akan menjadi sumber yang murah bagi protein semacam itu yang (persediaannya) jarang, yang merupakan bahan berharga yang diterima oleh industri obat-obatan, kosmetik, dan makanan," kata dia.

Ilmuwan itu menambahkan, susu tersebut bukan merupakan pengganti ASI secara sempurna karena susu tersebut tetap kekurangan zat kekebalan tubuh dan protein-protein yang sangat vital bagi kecerdasan bayi. Ni Ling menyatakan, susu yang secara genetika dimodifikasi itu tidak akan membahayakan kesehatan.

Pengawas kesehatan China telah memberikan persetujuannya bagi proyek tersebut, yang menyatakan bahwa susu tersebut "terbukti lebih sehat ketimbang susu biasa".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X