Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kate Middleton Ogah Pakai Tiara

Kompas.com - 14/04/2011, 14:55 WIB

KOMPAS.com - Seperti telah diberitakan sebelumnya, Kate Middleton menolak tradisi kerajaan untuk mengenakan tiara atau mahkota pada hari pernikahannya. Ia memilih mengenakan hiasan bunga, dan membiarkan rambut indahnya tergerai bebas.

Kate bukannya membenci hiasan kepala, karena ia sendiri yang memicu kembalinya hiasan kepala berbulu, yang disebut fascinator. Namun, ia tahu bahwa rambutnya yang indah berkilau dan kakinya yang jenjang lah yang akan menonjol dari dirinya pada hari H. Kebetulan, enam penata rambut langganan selebriti -termasuk Richard Ward, dimana Kate biasa menggunting rambut di salonnya- telah disewa untuk memberikan layanan darurat.

Tiara disebut-sebut akan membuat wajah pemakainya terlihat lebih tua. Rambut pun akan jadi lepek. Meski begitu, beberapa orang yang mendukung pemakaian tiara pasti akan gemas bila Kate menolak memakai koleksi perhiasan kerajaan yang paling mewah dan bersejarah di dunia.

Putri Diana, misalnya, saat menikahi Pangeran Charles pada 1981 mengenakan tiara keluarga Spencer. Tiara ini memiliki berlian dan desain emas. Sebelumnya Ratu Elizabeth memberikan Diana tiara Cambridge Lover’s Knot yang dihiasi mutiara dan berlian, namun ditolak karena terlalu berat. Tiara Diana terbuat dari batu-batu permata yang diterima sebagai hadiah pernikahan oleh Ratu Mary, istri George V, dan dimodelkan pada tiara milik ibunya, Duchess of Cambridge. Tiara ini lalu disimpan di Buckingham Palace sejak Diana meninggal dunia.

Jika Kate memilih tiara Spencer yang dulu dikenakan Diana ini, ia akan menambah kesan "spooky" pada pernikahannya. Maklum saja, cincin pertunangannya pun milik Putri Diana. Setelah menikah, Kate dan William mungkin juga akan tinggal di rumah lama Diana di Kensington Palace.

Namun tiara Spencer bukan satu-satunya pilihan. Masih ada sejumlah perhiasan lain milik kerajaan. Favorit Ratu Elizabeth adalah The Girls Of Great Britain And Ireland, yang diberi nama demikian karena merupakan hadiah pernikahan untuk Ratu Mary dari perempuan-perempuan muda. Lalu ada pula tiara Duchess of Teck yang lebih kecil ukurannya, hadiah untuk Ratu Mary dari ibunya.

The Countess of Wessex, atau Sophie Rhys-Jones mengenakan tiara kerajaan yang bertatahkan berlian yang lebih sederhana saat menikah dengan Pangeran Edward pada 19 Juni 1999. Tiara ini merupakan hadiah pernikahan dari keluarga kerajaan, dan diyakini dibuat dari perhiasan yang pernah menjadi milik Ratu Victoria.

Meskipun tak memiliki kepentingan apapun terhadap Kate, orang Amerika rupanya juga berharap perempuan 29 tahun ini mengenakan tiara nantinya. Majalah People, misalnya, membuat jajak pendapat mengenai tiara mana yang sebaiknya dipakai oleh Kate. Pilihan pembaca jatuh pada
tiara The Girls Of Great Britain And Ireland.

Sampai sekarang, memang tak ada pernyataan resmi dari Kate mengenai tiara ini. Clarence House, tempat tinggal William, mengatakan bahwa Kate tidak ingin siapapun tahu pembuat gaun pengantinnya. Sebab, setelah begitu lama berpacaran dengan William, hanya itulah kejutan yang bisa diberikan oleh Kate.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com