Sudah 800 Orang Tewas di Pantai Gading

Kompas.com - 12/04/2011, 06:09 WIB
Editoryuli

KOMPAS.com - Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) memastikan, Senin (11/4/2011), sejauh ini sudah sekitar 800 orang telah tewas dalam konflik di Pantai Gading sejak Desember 2010.

Pemerintah di kota penting Abidjan melaporkan, 400 orang tewas sejak Desember, dan 400 mayat yang lain telah ditemukan di kota-kota di bagian timur negara itu yang dilanda konflik. "Di wilayah itu, banyak pembunuhan telah dilaporkan," kata Asisten Sekretaris Jenderal PBB untuk hak asasi manusia, Ivan Simonovic, pada konferensi pers.

Abidjan telah menjadi tempat bentrokan besar dalam beberapa pekan belakangan ini dan menjadi sebuah kota hantu yang sesungguhnya, kata Simonovic. Ia memperkirakan, sekitar 150 orang telah tewas dalam serangan dengan senjata berat oleh pasukan bekas pemimpin Pantai Gading Laurent Gbagbo.

Korban di Abidjan "mungkin jauh lebih besar", kata wakil juru bicara PBB Farhan Haq. Pembantu Sekjen PBB juga telah pergi ke bagian barat negara itu pekan lalu untuk menyelidiki pembunuhan yang sebagian dipersalahkan pada pasukan pemimpin Alassane Ouattara.

Ia menjelaskan, 255 mayat telah dihitung di kota Doukoue, dengan sebagian besar korban pendukung Gbagbo. Sebanyak 104 mayat yang lain ditemukan di kota Blolequin dan 40 di Gou, tapi ia mengatakan ada laporan bahwa dua kali jumlahnya mayat yang ditemukan di Gou.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X