Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gbagbo Dapat Dua Kawasan

Kompas.com - 09/04/2011, 20:14 WIB

KOMPAS.com — Gencatan senjata di Pantai Gading ternyata bukan gambaran surutnya perseteruan antara Laurent Gbagbo dan Alasanne Ouattara. Buktinya, sebagaimana warta AP dan AFP pada Sabtu (9/4/2011), justru dengan gencatan senjata pasukan yang masih setia kepada Gbagbo itu memperoleh dua kawasan di ibu kota Pantai Gading, Abijan. Kedua kawasan itu adalah Plateau dan Cocody.

Menurut Kepala Pasukan Perdamaian PBB di Pantai Gading, Alain Le Roy, pasukan Gbagbo  menggunakan gencatan senjata untuk membicarakan perdamaian guna memperkuat posisi mereka di Ibu kota. "Mereka jelas menggunakan gencatan hari Selasa sebagai tipu daya untuk kemudian memperkuat posisi mereka," kata Le Roy merujuk pada terhentinya pertempuran setelah tiga jenderal Gbagbo meminta untuk berbicara.

Sebelumnya, pasukan yang mendukung presiden terpilih dalam pemilu yang diakui dunia internasional, Alasanne Ouattara, sejauh ini sempat mengepung kediaman Gbagbo di Abijan.

Hingga tiga hari lalu, Gbagbo sepertinya sedang menuju kekalahan.  Sementara, klaim kubu Ouattara bahwa mereka sudah mengepung kediaman Gbagbo sangat berlebihan.

Gambar dari stasiun televisi RTI yang dikontrol kubu Gbagbo menekankan,"Rezim Gbagbo masih berdiri, mobilisasi rakyat diperlukan."

Le Roy memberi kesaksian bahwa pasukan Gbagbo masih menggunakan senjata berat, seperti tank, peluncur roket M-21, peluncur granat, dan kendaraan lapis baja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com