Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintahan Obama Tak Jadi "Lumpuh"

Kompas.com - 09/04/2011, 10:47 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Ketua DPR AS, John Boehner, Jumat (8/4/2011) malam waktu AS atau Sabtu pagi WIB, mengatakan kepada para anggota Partai Republik bahwa ia telah bersepakat dengan Gedung Putih untuk mencegah shutdown (penghentian sementara sebagian roda) pemerintahan, kurang sejam dari tenggat waktu yang tersisa, kata para pejabat.

"Kami telah mencapai kesepakatan," kata Boehner kepada anggota Partai Republik dalam pertemuan emosional di balik pintu tertutup, menurut salah satu anggota parlemen dan seorang asisten dalam pembicaraan itu.

Dua pembantu senior Senat dari Partai Demokrat menegaskan bahwa para anggota parlemen dan Gedung Putih telah mencapai kesepakatan menyeluruh untuk memangkas sekitar 38,5 miliar dollar AS pengeluaran pada sisa tahun fiskal yang berakhir pada 1 Oktober.

Kesepakatan secara keseluruhan juga menghapus apa yang Demokrat sebut sebagai batu sandungan terbesar, yaitu sebuah upaya Partai Republik untuk memangkas dana federal bagi klinik keluarga berencana yang menyediakan aborsi.

Dalam waktu kurang dari satu jam, sebelum batas waktu tengah malam yang memicu shutdown pemerintahan yang bakal menyakitkan, kedua pihak juga sepakat dalam jangka pendek untuk menjembatani langkah-langkah pendanaan agar Washington tetap berjalan selama beberapa waktu sementara kesepakatan itu dituliskan.

Bayang-bayang "kelumpuhan" roda pemerintahan itu, yang akan membuat pegawai pemerintah dirumahkan sementara dan tidak digaji sampai pemerintah dan parlemen mencapai kesepakatan soal anggaran pendapatan dan belanja negara, telah membuat cemas para pengawai federal serta keluarga mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com