Hidangan Hari-H Pernikahan William

Kompas.com - 09/04/2011, 07:20 WIB
EditorEgidius Patnistik

TIGA pekan lagi perkawinan Kerajaan Inggris antara Pangeran William dan Kate Middleton dilangsungkan. Berbagai aspek dari perkawinan itu menjadi sorotan, seperti keamanan yang akan ketat dan menu jamuan bagi para tamu terpilih.

Inggris tak mau ambil risiko dalam soal keamanan pada perayaan perkawinan kerajaan tanggal 29 April itu. Sebuah operasi keamanan raksasa akan digelar dengan polisi bersiap penuh terhadap ancaman serangan teror dan aktivisme anarkis.

Perkawinan di Westminster Abbey itu akan membuat banyak bagian kota London ditutup untuk menjaga keselamatan keluarga kerajaan dan publik. Ribuan orang diperkirakan akan berjajar di sepanjang jalan.

Reporter veteran kerajaan, Robert Jobson, yang menulis sebuah buku dengan seorang pengawal Putri Diana, mengatakan ini akan menjadi ”sebuah acara keamanan besar”.

Begitu pertunangan diumumkan bulan November lalu, pihak berwenang mempersiapkan rencana keamanan. ”SO14, cabang perlindungan keluarga kerajaan, bertanggung jawab untuk perlindungan ’tokoh-tokoh utama’, dalam hal ini William dan Kate,” kata Jobson.

”Akan ada empat pengawal yang menjaga Kate dan empat pengawal menjaga William. Sisanya, petugas berpakaian sipil yang bercampur dengan khalayak akan ditangani badan keamanan. Para penembak jitu akan ada di atap gedung sepanjang rute prosesi,” ujar Jobson lagi.

Puluhan jalan di sekitar Abbey, istana, dan rute prosesi akan ditutup sejak fajar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, keamanan tak hanya berurusan dengan lalu lintas. Inggris saat ini menghadapi ancaman ”parah” dari terorisme internasional. Kaum anarkis berpakaian hitam telah memanfaatkan demonstrasi London baru-baru ini. Polisi khawatir mereka akan mencoba mengganggu pesta perkawinan itu.

Para koki beraksi

Selain keamanan, hal yang juga dibicarakan berkenaan dengan acara itu adalah menu hidangan. Ini merupakan rahasia yang ditutup rapat, tetapi kabarnya hidangannya akan ”sangat Inggris”.

Halaman:
Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.