Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Anak Perempuan Saja Cukup!

Kompas.com - 07/04/2011, 14:17 WIB

KOMPAS.com - Anda mengira bila sudah memiliki sepasang anak laki-laki dan perempuan, maka keluarga Anda sudah sempurna? Pikirkan lagi. Menurut penelitian, kehidupan keluarga yang bahagia justru bisa dicapai bila Anda memiliki dua anak perempuan.

Hidup Anda dinilai akan lebih mudah jika ada dua anak perempuan di rumah. Soalnya, mereka cenderung tidak akan berkelahi, mengganggu orangtuanya, atau membuat keributan. Namun yang terjadi akan jauh berbeda jika yang Anda miliki adalah empat anak perempuan. Suasana pasti jadi berisik!

"Semakin banyak anak perempuan yang Anda miliki, semakin Anda akan terbantu," kata Faye Mingo, jurubicara untuk www.bounty.com. "Namun menambah dua anak perempuan menjadi empat akan membuat orangtua menjadi ekstrem. Kalau jumlah anak laki-laki yang bertambah, dampaknya jauh lebih sedikit."

Situs ini sebelumnya melakukan jajak pendapat, yang diikuti oleh 2.116 orangtua dan anak di bawah 16 tahun. Keluarga-keluarga ini memiliki 12 kombinasi anak yang berbeda, dan mendapati bahwa dua anak perempuan dalam sebuah keluarga mencetak skor tinggi dalam setiap kategori. Mereka antara lain rajin membantu di rumah, dan saling menyukai. Sedangkan orangtua dengan empat anak perempuan umumnya harus menghadapi rata-rata empat pertengkaran dalam sehari. Kondisi keuangan mereka pun terpengaruh karena membutuhkan rumah dan mobil yang lebih besar.

"Penemuan ini memang hebat sekali," kata Faye. "Kita kan sering mengasumsikan bahwa gadis kecil akan berperilaku seperti malaikat, dan jika Anda memiliki dua gadis kecil, hal ini pasti akan menyenangkan."

Nah, setelah dua anak perempuan, kombinasi yang ideal barulah satu anak laki-laki dan satu anak perempuan. Menurut 86 persen orangtua yang memiliki sepasang anak laki-laki dan perempuan, kombinasi ini akan menghindarkan peluang berebut mainan dan dapat diperingatkan dengan mudah. Namun ketika dewasa, mereka cenderung akan mengembangkan minat yang berbeda.

"Benar atau salah, orangtua pasti sudah menentukan kombinasi anak-anak yang akan membuat keluarganya ideal," ujar Faye. "Tetapi alam kan tidak memungkinkan kita untuk memilih."

Bagi Faye, yang penting bagi orangtua adalah menghabiskan waktu berkualitas dengan anak-anak, dan mengingatkan betapa beruntungnya mereka karena memiliki saudara yang bisa saling membantu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com