Khadafy Kirim Perunding ke London?

Kompas.com - 01/04/2011, 13:56 WIB
EditorEgidius Patnistik

LONDON, KOMPAS.com — Libya telah mengirimkan seorang pembantu senior bagi salah satu putra Moammar Khadafy, Saif Al Islam Khadafy, ke London untuk berunding dengan Inggris, lapor harian The Guardian, Jumat (1/4/2011).

Harian yang mengutip sumber Pemerintah Inggris yang tidak disebutkan namanya itu melaporkan, ajudan Saif, Mohammed Ismail, mengunjungi London dalam beberapa hari terakhir sebagai salah satu dari sejumlah upaya menjalin hubungan antara Libya dan Barat dalam dua pekan terakhir.

Seorang perempuan juru bicara Departemen Luar Negeri Inggris tidak membenarkan ataupun membantah kabar tersebut. Juru bicara itu hanya mengatakan, "Kami tidak memberikan komentar yang sedang berlangsung dalam hubungan kami dengan Pemerintah Libya." Dia menambahkan, "Dalam segala hubungan yang telah dilakukan, dengan jelas kami meminta Khadafy harus turun."

Menteri Luar Negeri Libya Moussa Koussa, sebagai seorang penasihat penting Khadafy, Rabu, membelot dan kabur ke London. Sementara itu, saluran televisi Al Jazeera, Kamis, mengabarkan bahwa "sejumlah tokoh" yang dekat dengan Khadafy meninggalkan Libya menuju Tunis, tetapi kantor berita itu tidak mendapat kejelasan tentang hal tersebut.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton mengatakan kepada saluran televisi ABC bahwa pada Maret dia menyadari jika tokoh yang dekat dengan Khadafy telah mencoba untuk melakukan hubungan dengan pihak Barat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.