Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khadafy Kirim Perunding ke London?

Kompas.com - 01/04/2011, 13:56 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Libya telah mengirimkan seorang pembantu senior bagi salah satu putra Moammar Khadafy, Saif Al Islam Khadafy, ke London untuk berunding dengan Inggris, lapor harian The Guardian, Jumat (1/4/2011).

Harian yang mengutip sumber Pemerintah Inggris yang tidak disebutkan namanya itu melaporkan, ajudan Saif, Mohammed Ismail, mengunjungi London dalam beberapa hari terakhir sebagai salah satu dari sejumlah upaya menjalin hubungan antara Libya dan Barat dalam dua pekan terakhir.

Seorang perempuan juru bicara Departemen Luar Negeri Inggris tidak membenarkan ataupun membantah kabar tersebut. Juru bicara itu hanya mengatakan, "Kami tidak memberikan komentar yang sedang berlangsung dalam hubungan kami dengan Pemerintah Libya." Dia menambahkan, "Dalam segala hubungan yang telah dilakukan, dengan jelas kami meminta Khadafy harus turun."

Menteri Luar Negeri Libya Moussa Koussa, sebagai seorang penasihat penting Khadafy, Rabu, membelot dan kabur ke London. Sementara itu, saluran televisi Al Jazeera, Kamis, mengabarkan bahwa "sejumlah tokoh" yang dekat dengan Khadafy meninggalkan Libya menuju Tunis, tetapi kantor berita itu tidak mendapat kejelasan tentang hal tersebut.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton mengatakan kepada saluran televisi ABC bahwa pada Maret dia menyadari jika tokoh yang dekat dengan Khadafy telah mencoba untuk melakukan hubungan dengan pihak Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com