Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Tak Tawarkan Kekebalan Hukum

Kompas.com - 31/03/2011, 19:48 WIB
KOMPAS.com — Sampai sekarang, Inggris tak menawarkan kekebalan hukum kepada Menteri Luar Negeri Libya Moussa Koussa. Kini, Koussa tengah berada di London, kata AP dan AFP, pada Kamis (31/3/2011).

"Moussa Koussa tidak mendapat tawaran kekebalan dari hukum Inggris maupun hukum internasional. Dia secara sukarela berbicara dengan pejabat Inggris, termasuk staf Kedutaan Inggris di Tripoli yang saat ini sudah berkantor di London," kata Menteri Luar Negeri Inggris William Hague.

Hague lebih lanjut menjelaskan, Koussa secara tiba-tiba mendarat di London, Rabu kemarin. Menurut Hague, Koussa sudah mengundurkan diri dari rezim Moammar Khadafy. Moussa mendarat di Bandara Farnborough, Hampshire, dan diyakini menggunakan pesawat militer Inggris.

Para pejabat Inggris kini sedang mewawancarai Koussa yang pernah menjabat kepala dinas intelijen. Menurut informasi, Koussa merupakan salah seorang yang dekat dengan Khadafy.

"Pengunduran dirinya memperlihatkan, rezim Khadafy yang sudah ditinggalkan kaum oposisi sekarang terpecah dan ambruk dari dalam dirinya sendiri," ujar Hague, kepada para wartawan.

Sejatinya, Koussa bukanlah orang pertama yang menyeberang ke kelompok oposisi. Beberapa yang mendahului Koussa membelot, antara lain menteri kehakiman dan duta besar Libya untuk PBB, Amerika Serikat, Perancis, dan India.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com