Radiasi dari Jepang Menyebar di China

Kompas.com - 31/03/2011, 14:05 WIB
EditorEgidius Patnistik

BEIJING, KOMPAS.com — Kadar radiasi sangat rendah yang berasal dari PLTN Jepang yang rusak sudah menyebar ke sebagian besar provinsi di China. Namun, Pemerintah China mengatakan, kadarnya yang sangat rendah tidak menyebabkan risiko bagi kesehatan.

Kementerian Perlindungan Lingkungan mengatakan dalam sebuah pernyataan, Rabu malam, bahwa radiasi terdeteksi di negara berpenduduk padat itu, terutama di bagian timur, utara, dan selatan. Kementerian itu, Senin, mengatakan, yodium radioaktif terdeteksi di beberapa provinsi, tetapi laporan berikutnya telah melacak pelebaran kawasan dari daerah yang terkena radiasi.

Informasi Kementerian terbaru mengulangi pernyataan sebelumnya bahwa kadar radiasi radioaktif hanya sekitar seperseribu dari jumlah yang akan diterima oleh seseorang yang melakukan penerbangan udara sejauh 2.000 kilometer (1.200 mil). Krisis nuklir Jepang telah menimbulkan kekhawatiran di China, telah memicu kepanikan nasional pembelian garam akibat salah informasi, yang mengakibatkan konsumen percaya bahwa yodium yang terkandung dalam garam juga bisa melindungi orang dari keracunan radiasi.

Pemerintah China juga melarang impor beberapa produk makanan dari Jepang dan meningkatkan pemeriksaan di bandara, pelabuhan, dan pusat-pusat perjalanan lainnya di tengah kekhawatiran kontaminasi radiasi. PLTN Jepang, Fukushima Daiichi, rusak akibat dilanda gempa dan tsunami pada 11 Maret lalu dan saat ini para pekerja tengah berjuang dengan tugas berbahaya untuk mencoba mengendalikan kebocoran radiasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.