Jepang Siaga Penuh Hadapi Krisis Nuklir

Kompas.com - 29/03/2011, 09:54 WIB
EditorEgidius Patnistik

OSAKA, KOMPAS.com — Perdana Menteri Jepang Naoto Kan, Selasa (29/3/2011), mengatakan, pemerintahnya berada dalam "keadaan siaga penuh" menghadapi krisis nuklir di PLTN Fukushima, lapor Jiji Press.

Kan mengatakan pada pertemuan komite anggaran parlemen bahwa situasi "berlanjut tak terduga" dan bahwa pemerintah akan mengatasi masalah itu dalam keadaan siaga penuh, lapor Jiji.

Kekhawatiran soal radiasi telah mengganggu upaya pemulihan sistem pendingin reaktor PLTN Fukushima Daiichi, yang rusak akibat gempa dan tsunami pada 11 Maret lalu yang juga telah menyebabkan lebih dari 28.000 orang tewas atau hilang.

Plutonium telah terdeteksi di dalam tanah di fasilitas yang terletak di timur laut Tokyo itu dan air yang sangat terkontaminasi telah bocor dari sebuah bangunan reaktor, kata operator PLTN itu, Senin. Air laut di dekat PLTN itu juga terdeteksi telah tercemar yodium radioaktif dosis tinggi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.