Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rabu, NATO Ambil Alih Komando Libya

Kompas.com - 29/03/2011, 07:46 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — NATO akan mengambil alih semua komando operasi militer koalisi di Libya, Rabu (30/3/2011), kata Presiden AS Barack Obama, Senin waktu setempat, dalam pidato yang disiarkan secara nasional kepada rakyat Amerika.

Obama mencoba untuk meyakinkan publik AS yang sudah letih dengan perang tentang keputusannya mengintervensi Libya. Obama berjanji bahwa militer AS akan mengurangi keterlibatannya saat peran sekutu meningkat untuk menanggung beban operasi. "Dalam upaya itu, Amerika Serikat akan memainkan peran pendukung, termasuk dalam hal intelijen, dukungan logistik, bantuan pencarian dan penyelamatan, dan kemampuan untuk mengacaukan komunikasi rezim Khadafy," katanya.

"Karena transisi itu menjadi suatu yang lebih luas, (yaitu ke sebuah) koalisi berbasis NATO, maka risiko serta biaya operasibagi militer kita, dan untuk pembayar pajak Amerikaakan berkurang secara signifikan," lanjut Obama. Ia membenarkan berita yang keluar dari Brussels pada hari Minggu bahwa para duta besar NATO telah setuju aliansi militer itu akan mengambil alih komando semua operasi militer, termasuk serangan udara terhadap pasukan Moammar Khadafy.

"Transisi dari Amerika Serikat ke NATO akan berlangsung hari Rabu," katanya. "Ke depan, yang memimpin dalam menegakkan zona larangan terbang dan melindungi warga sipil akan berpindah ke sekutu dan mitra kami, dan saya sepenuhnya yakin bahwa koalisi kami akan meneruskan tekanan terhadap pasukan Khadafy yang tersisa."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com