Rabu, NATO Ambil Alih Komando Libya

Kompas.com - 29/03/2011, 07:46 WIB
EditorEgidius Patnistik

WASHINGTON, KOMPAS.com — NATO akan mengambil alih semua komando operasi militer koalisi di Libya, Rabu (30/3/2011), kata Presiden AS Barack Obama, Senin waktu setempat, dalam pidato yang disiarkan secara nasional kepada rakyat Amerika.

Obama mencoba untuk meyakinkan publik AS yang sudah letih dengan perang tentang keputusannya mengintervensi Libya. Obama berjanji bahwa militer AS akan mengurangi keterlibatannya saat peran sekutu meningkat untuk menanggung beban operasi. "Dalam upaya itu, Amerika Serikat akan memainkan peran pendukung, termasuk dalam hal intelijen, dukungan logistik, bantuan pencarian dan penyelamatan, dan kemampuan untuk mengacaukan komunikasi rezim Khadafy," katanya.

"Karena transisi itu menjadi suatu yang lebih luas, (yaitu ke sebuah) koalisi berbasis NATO, maka risiko serta biaya operasibagi militer kita, dan untuk pembayar pajak Amerikaakan berkurang secara signifikan," lanjut Obama. Ia membenarkan berita yang keluar dari Brussels pada hari Minggu bahwa para duta besar NATO telah setuju aliansi militer itu akan mengambil alih komando semua operasi militer, termasuk serangan udara terhadap pasukan Moammar Khadafy.

"Transisi dari Amerika Serikat ke NATO akan berlangsung hari Rabu," katanya. "Ke depan, yang memimpin dalam menegakkan zona larangan terbang dan melindungi warga sipil akan berpindah ke sekutu dan mitra kami, dan saya sepenuhnya yakin bahwa koalisi kami akan meneruskan tekanan terhadap pasukan Khadafy yang tersisa."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X