Jika Menang, Pemberontak Adili Khadafy

Kompas.com - 29/03/2011, 05:30 WIB
Editoryuli

PARIS, KOMPAS.com — Pemberontak Libya berjanji akan mengadili Moammar Khadafy jika kelak mereka menang.

"Setelah kemenangan itu, kami akan mengadili Khadafy di Libya karena semua kejahatan yang telah ia lakukan," kata Mustafa Abdel Jalil, pemimpin Dewan Nasional pemberontak Libya, pada televisi France 2, di markas besar pemberontak Benghazi di Libya timur, Senin (28/3/2011).

"Kami akan berupaya membangun negara yang bebas dan demokratis, yang menghormati hak asasi manusia dan pergantian politik," ujarnya. Ia menambahkan, rakyat Libya telah membuat "pilihan sulit, yakni melawan tiran".

Jalil, mantan Menteri Kehakiman yang bersembunyi di tengah kekhawatiran akan keselamatannya, menambahkan bahwa pemberontak memiliki "kebutuhan mendesak akan senjata ringan".

Setelah hampir kehilangan Benghazi sebelum serangan udara koalisi dimulai pada 19 Maret, pemberontak sekarang maju dengan cepat ke arah barat. Dewan tersebut, badan dengan 31 anggota yang mewakili kota-kota besar dan sedang berada di negara Afrika utara itu, dibentuk pada 5 Maret.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X