Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kadar Radiasi Masih Tinggi

Kompas.com - 28/03/2011, 18:23 WIB
OSAKA, KOMPAS.com - Operator Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Jepang Fukushima telah mendeteksi kadar iodium radioaktif di perairan sedalam 30 meter (100 kaki) dari reaktor 5 dan 6 sekitar  1.150 kali lebih tinggi dari batas yang diperbolehkan, menurut badan keselamatan nuklir, Senin.
   
Kedua reaktor itu sedang diperbaiki ketika gempa besar bermagnitud 9,0 melanda Jepang disusul oleh tsunami setinggi 14 meter yang menghancurkan kawasan pantai timur laut dan melumpuhkan fungsi pendinginan di pabrik Daiichi Fukushima. Sebelumnya Tokyo Electric Power mengatakan bahwa reaktor luar No.5, sambungan listrik non-daruratnya telah pulih dan proses pendinginan kolam bahan bakar bekas telah dimulai kembali.
   
Pada reaktor enam, generator darurat dan sistem pendinginan telah dipulihkan, menurut Tepco.
   
Pada Minggu, kadar iodium radioaktif sekitar 1.850 kali lipat batas yang diperbolehkan ditemukan beberapa ratus meter lepas pantai, naik dari 1.250 kali lipat batas yang diperbolehkan pada Sabtu. Ta[i, para pejabat mengesampingkan sebuah ancaman langsung terhadap kehidupan laut atau untuk keamanan produk makanan laut.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com