Kadar Radiasi Masih Tinggi

Kompas.com - 28/03/2011, 18:23 WIB
EditorJosephus Primus
OSAKA, KOMPAS.com - Operator Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Jepang Fukushima telah mendeteksi kadar iodium radioaktif di perairan sedalam 30 meter (100 kaki) dari reaktor 5 dan 6 sekitar  1.150 kali lebih tinggi dari batas yang diperbolehkan, menurut badan keselamatan nuklir, Senin.
   
Kedua reaktor itu sedang diperbaiki ketika gempa besar bermagnitud 9,0 melanda Jepang disusul oleh tsunami setinggi 14 meter yang menghancurkan kawasan pantai timur laut dan melumpuhkan fungsi pendinginan di pabrik Daiichi Fukushima. Sebelumnya Tokyo Electric Power mengatakan bahwa reaktor luar No.5, sambungan listrik non-daruratnya telah pulih dan proses pendinginan kolam bahan bakar bekas telah dimulai kembali.
   
Pada reaktor enam, generator darurat dan sistem pendinginan telah dipulihkan, menurut Tepco.
   
Pada Minggu, kadar iodium radioaktif sekitar 1.850 kali lipat batas yang diperbolehkan ditemukan beberapa ratus meter lepas pantai, naik dari 1.250 kali lipat batas yang diperbolehkan pada Sabtu. Ta[i, para pejabat mengesampingkan sebuah ancaman langsung terhadap kehidupan laut atau untuk keamanan produk makanan laut.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.