Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Giliran AL India Ringkus Perompak

Kompas.com - 28/03/2011, 15:30 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com — Angkatan Laut India berhasil menggagalkan serangan bajak laut Somalia terhadap sebuah kapal dagang di lepas pantai Kepulauan Lakshadweep. Menurut laporan media setempat, Senin (28/3/2011), pihak AL India juga menangkap 16 pembajak,    

Enam belas tawanan juga berhasil diselamatkan dalam operasi penyergapan itu. ”Pusat Koordinasi Penyelamatan Maritim memberi tahu kapal yang berpatroli di sekitar Lakshadweep tentang sebuah pesan bahaya yang diterima dari kapal dagang MV Maersk Kensington pada Sabtu, sekitar pukul 11.00 dan berhasil menggagalkan serangan itu,” juru bicara AL India, Kapten M Namibiar, seperti dikutip Indian Express.    

Kapal perang Angkatan Laut India, INS Suvarna, tengah berpatroli di Laut Arab ketika diminta untuk menangani serangan bajak laut terhadap kapal kargo MV Maersk Kensington yang sedang berada di 300 mil laut di lepas pantai Lakshadweep.    

Suvarna, sebuah kapal patroli lepas pantai berukuran besar, menyergap kapal Morteza dan memerintahkannya untuk berhenti. Namun, para pembajak itu menembak sehingga memaksa kapal perang tersebut membalas hingga melumpuhkan Morteza.    

Keenam belas bajak laut dan 16 pelaut diselamatkan dari laut oleh kapal perang India itu. ”Semuanya dibawa ke Mumbai dan akan diserahkan kepada kepolisian guna menjalani penyelidikan lebih lanjut,” kata pejabat lain kepada The Times of India.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com