Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentara Serbu Demonstran, 12 Orang Tewas

Kompas.com - 28/03/2011, 02:48 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com — Sebanyak 12 orang tewas dalam bentrokan di kota Latakia, Suriah utara. Hal tersebut disampaikan Penasihat Presiden, Buthaina Shaaban, Minggu (27/3/2011). "Jumlah korban tewas di Latakia pada hari Sabtu berjumlah 10 orang—warga dan anggota pasukan keamanan—dan dua orang bersenjata," kata Shaaban.

Pasukan Suriah memasuki kota pelabuhan Latakia, 350 kilometer sebelah barat laut Damaskus, sehari setelah seorang pejabat mengatakan bahwa dua orang yang lewat dibunuh oleh penembak gelap.

Bentrokan mematikan pada Sabtu itu merupakan yang terakhir dari rangkaian kekerasan yang melanda Suriah sejak protes meletus pada 15 Maret.

Lebih dari 30 orang secara resmi dinyatakan tewas dalam kekerasan itu. Namun, sejumlah aktivis mengatakan, 126 orang tewas dalam kekerasan itu. Sebanyak 100 orang dari jumlah tersebut tewas pada hari Rabu dalam protes di Daraa, kota suku wilayah selatan yang menjadi simbol penentangan para pemrotes.

Pemerintah mengumumkan serangkaian langkah reformasi dalam upaya menenangkan pemrotes, termasuk pembebasan tahanan dan rencana membuat undang-undang baru mengenai media dan perizinan bagi partai politik.

Suriah juga memutuskan pencabutan undang-undang darurat, yang disusun pada Desember 1962 dan diberlakukan sejak Partai Baath berkuasa pada Maret 1963.

Suriah pada bulan ini mulai dilanda protes yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang menuntut reformasi besar-besaran di negara yang dikuasai Partai Baath selama hampir 50 tahun itu.

Aktivis pro-demokrasi di sejumlah negara Arab, termasuk Suriah, terinspirasi oleh pemberontakan di Tunisia dan Mesir yang berhasil menumbangkan pemerintah yang telah berkuasa selama puluhan tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com