Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Al Qaeda Tewaskan 7 Prajurit Yaman

Kompas.com - 28/03/2011, 00:53 WIB

SANAA, KOMPAS.com — Sejumlah anggota militan Al Qaeda membunuh tujuh prajurit Yaman dalam serangan terhadap konvoi militer dan kantor pemerintah, Minggu (27/3/2011).

Seorang pejabat militer mengatakan, enam prajurit tewas dan empat orang cedera di dekat Marib, sebelah timur Sanaa, ketika konvoi mereka diserang. Sebuah kendaraan tentara dibakar dan dua orang lainnya dibawa.

"Serangan itu dipimpin oleh Aaed al-Shabwani, pemimpin utama Al Qaeda yang diburu di Marib," kata satu sumber suku.

Menurut seorang pejabat keamanan, salah seorang dari tujuh prajurit tadi tewas pada hari Minggu dalam bentrokan antara pasukan keamanan dan anggota militan Al Qaeda di Yaman bagian selatan.

Pejabat itu mengatakan, prajurit tersebut diserang ketika sedang berjaga di luar sebuah bangunan di Jaar, sebuah kota di provinsi Abyan, markas Al Qaeda di Yaman.

Dia juga mengatakan, dalam insiden terpisah di Jaar, seorang militan Al Qaeda cedera dalam bentrokan antara pasukan keamanan dan orang-orang bersenjata yang menguasai sejumlah pos polisi dan stasiun radio setempat.

Washington Post melaporkan, Sabtu, Al Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP) yang bermarkas di Yaman akan melancarkan serangan dalam waktu dekat dengan mendompleng kerusuhan anti-pemerintah yang sedang terjadi di negara itu.

Serangan pada hari Minggu tersebut terjadi ketika protes luas berkobar di Yaman untuk menuntut pengunduran diri pemerintah.

Yaman adalah negara leluhur pemimpin Al Qaeda, Osama bin Laden, dan hingga kini masih menghadapi kekerasan separatis di wilayah utara dan selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com