Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menunggu Robot Detektor Tsunami

Kompas.com - 27/03/2011, 12:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekian jenis robot telah dikembangkan untuk berbagai fungsi, mulai dari sekedar vaccum cleaner hingga sebagai pembantu misi antariksa dan pendingin reaktor nuklir. Akankah nanti ada pula robot detektor tsunami?

Pakar robotika dari Universitas Indonesia Dr Ir Wahidin Wahab M.Sc menilai hal itu sangat memungkinkan. Ia mengatakan bahwa saat ini pengembangan robot tidak cuma robot darat saja, tetapi juga sudah robot yang bisa bekerja di air.

"Dalam waktu yang tidak lama lagi, mungkin akan muncul robot yang bisa digunakan untuk deteksi akan adanya tsunami," jelasnya di sela-sela training Robot Nao di World Robotic Explorer, Jakarta, 25-26 Maret 2011.

Menurutnya, robot yang bekerja di air sendiri sejauh ini masih dalam tahap demo. Robot yang dikembangkan misalnya berbentuk ikan dan ular, digunakan untuk deteksi kabel bawah laut dan kebocoran pipa minyak.

Pengembangan atau penyediaan robot untuk beberapa sektor perlu dilakukan sehingga mempermudah kerja manusia. Dengan robot air misalnya, manusia tak harus menyelam di kedalaman untuk tahu adanya kebocoran pipa. Wahidin mengungkapkan, pengembangan robot di Indonesia belum menjurus ke sektor tertentu. Karena masalah dana, pengembangan robot juga belum menyentuh hardware robot itu sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com