Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reaktor Kedua PLTN Fukushima, Pulih

Kompas.com - 27/03/2011, 07:10 WIB

MOSKOW, KOMPAS.com - Para teknisi Jepang pada Sabtu (26/3/2011) berhasil memulihkan pasokan listrik di ruang kendali reaktor kedua Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Daiichi Fukushima yang terkena gempa di Jepang.

Menurut laporan Kyodo, Tokyo Electric Power Co (TEPCO) telah berhasil memulihkan pasokan listrik di ruang kendali reaktor pertama pada Kamis dan berencana untuk mengembalikan fungsi kelistrikan di reaktor keempat sesegera mungkin.

TEPCO pada Sabtu juga membantah beberapa laporan sebelumnya yang mengatakan tingkat radiasi di reaktor pertama Fukushima berada pada taraf 200.000 milisieverts per jam. "Tingkat sebenarnya tidak melebihi angka 60.00 milisievert per jam," kata Kyodo mengutip pejabat TEPCO.

Gempa berkekuatan 9,0 skala Richter disusul tsunami yang melanda Jepang pada 11 Maret lalu memicu sejumlah ledakan di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima, yang kemudian meningkatkan kehawatiran akan terjadinya kontaminasi radioaktif secara besar-besaran.

Sejumlah operasi terus dilanjutkan untuk memulihkan kembali kinerja sistem pendingin di keenam reaktor Fukushima guna mencegah terjadinya pelepasan partikel radioaktif secara besar-besaran itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com