Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khadafy Setujui Undangan Uni Afrika

Kompas.com - 25/03/2011, 16:52 WIB

PARIS, KOMPAS.com — Uni Afrika mengundang wakil-wakil pemerintah Moammar Khadafy, kelompok oposisi Libya, dan pihak-pihak lain untuk berunding di Addis Ababa Jumat ini.

Ketua Uni Afrika Jean Ping mengemukakan kepada wartawan, Khadafy akan mengutus perdana menterinya. Selain itu, para pejabat dari Uni Eropa, Dewan Keamanan PBB, dan negara-negara Arab tetangga juga diundang ke Etiopia untuk membicarakan krisis Libya.

”Kami akan memulai pertemuan yang dihadiri kedua pihak yang bertikai di Addis Ababa pada Jumat ,” kata Ping, Jumat (25/3/2011).

Ia mengatakan, Khadafy menyetujui undangan itu dan akan mengutus perdana menterinya, tetapi tidak jelas apakah ia dapat datang karena adanya zona larangan terbang di Libya.

Menjawab pertanyaan apakah ia mendukung Khadafy atau oposisi dalam krisis Libya, Ping menjawab, ”Uni Afrika tidak pernah mendukung siapa pun dan kami menginginkan satu solusi”.

Menurut Ping, Uni Afrika ingin gencatan senjata bisa tercapai, bantuan kemanusiaan, perlindungan terhadap warga sipil, dan tanggapan terhadap tuntutan rakyat Libya bagi demokrasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com