Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dunia Perketat Impor Makanan

Kompas.com - 25/03/2011, 07:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Indonesia akan memperketat masuknya bahan makanan dan produk pertanian impor dari Jepang dengan mewajibkan adanya sertifikat bebas radiasi. Sementara itu, Rusia, Singapura, Australia, dan Filipina menyusul Amerika Serikat dan Hongkong yang melarang pengiriman berbagai jenis bahan pangan dari Jepang akibat makin meluasnya kontaminasi material radioaktif dari PLTN Fukushima Daiichi.

Wakil Menteri Pertanian Bayu Krisnamurthi di Jakarta, Kamis (24/3/2011), mengatakan, pemerintah akan mengharuskan semua produk makanan dan pertanian dari Jepang dilengkapi sertifikat bebas radiasi dari lembaga yang kompeten di Jepang.

Kementerian Kesehatan juga meminta Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian mengawasi semua produk pangan yang masuk dari Jepang. Badan tersebut akan bekerja sama dengan Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) untuk mencegah produk pangan yang terkontaminasi material radioaktif masuk ke Indonesia.

Pengawasan juga akan dilakukan terhadap semua produk ikan impor dari Jepang. Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Syamsul Ma’arif mengatakan, semua produk perikanan yang didatangkan dari Jepang harus dilengkapi sertifikat bebas radioaktif.

Produk perikanan yang terkontaminasi material radioaktif telah ditemukan di Taiwan, Kamis. Partikel radioaktif tersebut terdeteksi pada 12 kilogram kerang belalai gajah yang dikirim dari Prefektur Aichi, Selasa lalu.

Pejabat Badan Pengawas Obat dan Makanan Taiwan Tsai Shu Chen mengatakan, level radiasi yang ditemukan masih berada dalam batas aman. Meski demikian, pihak importir makanan laut tersebut tetap akan menghancurkan kerang-kerang radioaktif itu.

Dikarantina

Rusia juga telah memerintahkan penghentian impor semua makanan dari empat prefektur di sekitar PLTN yang bermasalah tersebut, yakni Fukushima, Gunma, Ibaraki, dan Tochigi. Moskwa juga mengarantina satu kapal barang berbendera Panama yang diketahui sempat melintas di perairan dekat PLTN Fukushima Daiichi.

Sebanyak 19 awak kapal diperiksa setelah otoritas Rusia mendeteksi level radiasi yang mencapai tiga kali lipat level normal di kamar mesin kapal tersebut.

Australia dan Singapura telah melarang impor berbagai bahan pangan, mulai dari rumput laut, makanan laut, susu, produk susu, hingga buah-buahan dan sayuran segar dari keempat prefektur yang sama.

Filipina bahkan menghentikan impor semua jenis cokelat dari Jepang, sedangkan Kanada memperketat pengawasan impor makanan dari empat prefektur tersebut.

Tiga lembaga internasional, yakni Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO), serta Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA), mengeluarkan pernyataan bersama di Geneva, Swiss, Kamis, untuk mengingatkan bahwa keamanan bahan makanan menjadi masalah terbaru dalam krisis yang terjadi di Jepang. ((AFP/Reuters/DHF/LKT/MAS)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com