Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perancis Andalkan Dua Jenis Jet Tempur

Kompas.com - 24/03/2011, 20:36 WIB
PARIS, KOMPAS.com — Angkatan Udara Perancis menyerang pangkalan udara Libya pada Kamis (24/3/2011) dini hari, kata seorang juru bicara staf umum militer Perancis, Thierry Burkhard, dalam jumpa pers. Serangan dalam semalam itu menargetkan pangkalan yang terletak sekitar 250 kilometer di garis pantai Libya selatan, kata Burkhard.    

Serangan udara tersebut dilancarkan oleh jet tempur Rafale dan Mirage 2000-D, kata dia. Namun, Burkhard tidak memberikan letak khusus pangkalan udara tersebut.     Dia juga menolak untuk menjelaskan kerusakan yang terjadi di pangkalan tersebut dengan mengatakan bahwa hal itu rahasia.    

Perancis merupakan pendukung keterlibatan militer asing di Libya dan mengakui telah menghancurkan lebih dari 10 kendaraan lapis baja milik pemerintah Moammar Khadafy.    

Menteri Luar Negeri Perancis Alain Juppe pada Kamis dini hari mengatakan bahwa operasi koalisi akan berlanjut, tetapi tidak akan berlangsung lama. "Periode yang dibutuhkan dapat berlangsung selama beberapa hari atau pekan lebih lama, tetapi tidak dalam bulanan," tambah Juppe dalam wawancara dengan stasiun radio setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com