Polisi Tahan 21 Imigran Afghanistan

Kompas.com - 23/03/2011, 20:46 WIB
EditorBenny N Joewono

BEKASI, KOMPAS.com - Petugas dari Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia menangkap 21 imigran Afghan istan di Harapan Indah, Kecamatan Medansatria, Kota Bekasi, Selasa (22/3/2011) malam.

Imigran ditangkap sebab cuma membawa selembar dokumen dari United Nations High Comissioner of Refugees yang menerangkan status mereka sebagai pengungsi.

Setelah ditangkap, imigran yang semuanya laki-laki itu ditahan di Kepolisian Sektor Kota Medansatria. Namun, pada Rabu sore, imigran dibawa oleh petugas Kantor Imigrasi Karawang untuk menjalani pemeriksaan dokumen keimigrasian.

Petugas juga menahan dua sopir bus yang jasanya disewa seseorang untuk membawa imigran ke Madura, Jawa Timur. Diduga, imigran hendak naik kapal dari Madura atau Surabaya menuju Australia.

Kepala Polsekta Medansatria Komisaris Triyono cuma mengatakan , imigran ditangkap petugas Mabes Polri. "Imigran ditangkap sepertinya akibat hanya membawa surat suaka dari UNHCR," katanya.

Kepala Subseksi Pengawasan Kantor Imigrasi Karawang Edu Andarius mengatakan, belum bisa memastikan keaslian dokumen dari UNHCR itu. "Lagipula dokumen yang harus dibawa orang asing adalah paspor. Saya belum bisa memahami mengapa imigran ini bisa pergi keluar dan dari mana mereka pergi," katanya.

Keberadaan imigran yang berusia 15-57 tahun itu belum terdata oleh Internasional Organization for Migration (IOM), lembaga antarpemerintah pengurus fasilitas pengungsi dan korban perang, di Jakarta. "Namun, tampaknya imigran lapor ke UNHCR (Jakarta) sehingga sudah mendapat dokumen suaka," kata Edu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari berita acara penyerahan imigran gelap, diketahui delapan imigran berusia 15-17 tahun. S atu imigran berusia 33 tahun. Satu imigran berusia 57 tahun. Sebelas imigran berusia 22-28 tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.