Nego Gagal, 3 Warga Filipina Dieksekusi

Kompas.com - 23/03/2011, 20:04 WIB
EditorBenny N Joewono

MANILA, KOMPAS.com - Pemerintah Filipina mengatakan, tiga pedagang narkoba Filipina akan dieksekusi di China pekan depan dan pihaknya tidak punya rencana mengajukan permohonan lagi untuk menyelamatkan nyawa mereka.

"Pemerintah menghormati undang-undang China dan hukuman yang dijatuhkan Pengadilan Rakyat China. Semua hukuman akan dilaksanakan dalam satu hari," kata juru bicara Departemen Luar Negeri, Ed Malaya, Rabu (23/3/2011).

Para pejabat pengadilan China telah memberitahu pihak berwenang Filipina bahwa tiga terhukum Ramon Credo, 42 tahun, Sally Villanueva, 32 tahun, dan Elizabeth Batin, 38 tahun, akan dieksekusi Rabu depan.

Pihak berwenang Filipina telah melakukan segala usaha dalam upaya untuk menyelamatkan tiga orang itu, yang terbukti bersalah tahun 2008 memperdagangkan heroin, dan melakukan beberapa kali permohonan agar hukuman terhadap mereka diubah menjadi hukuman penjara seumur hidup.

Pemerintah menegaskan ketiga orang itu, yang termasuk di antara 227 warga Filipina yang dipenjarakan di China karena kasus narkoba, adalah dari keluarga-keluarga miskin dan djadikan pengedar narkoba oleh geng-geng penjahat.

Wakil Presiden Jejomar Binay bulan lalu ke Beijing untuk membela dan menyelamatkan nyawa mereka. Pihak berwenang China menanggapi kunjungannya dengan menunda eksekusi mereka, tetapi tetap akan melaksanakan hukuman mati.

Demi menyelamatkan warganya, pemerintah Filipina juga tidak akan menghadiri acara penyerahan Hadiah Nobel Perdamaian di Oslo Desember, yang diberikan kepada pembangkang China yang dipenjarakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.