Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nego Gagal, 3 Warga Filipina Dieksekusi

Kompas.com - 23/03/2011, 20:04 WIB

MANILA, KOMPAS.com - Pemerintah Filipina mengatakan, tiga pedagang narkoba Filipina akan dieksekusi di China pekan depan dan pihaknya tidak punya rencana mengajukan permohonan lagi untuk menyelamatkan nyawa mereka.

"Pemerintah menghormati undang-undang China dan hukuman yang dijatuhkan Pengadilan Rakyat China. Semua hukuman akan dilaksanakan dalam satu hari," kata juru bicara Departemen Luar Negeri, Ed Malaya, Rabu (23/3/2011).

Para pejabat pengadilan China telah memberitahu pihak berwenang Filipina bahwa tiga terhukum Ramon Credo, 42 tahun, Sally Villanueva, 32 tahun, dan Elizabeth Batin, 38 tahun, akan dieksekusi Rabu depan.

Pihak berwenang Filipina telah melakukan segala usaha dalam upaya untuk menyelamatkan tiga orang itu, yang terbukti bersalah tahun 2008 memperdagangkan heroin, dan melakukan beberapa kali permohonan agar hukuman terhadap mereka diubah menjadi hukuman penjara seumur hidup.

Pemerintah menegaskan ketiga orang itu, yang termasuk di antara 227 warga Filipina yang dipenjarakan di China karena kasus narkoba, adalah dari keluarga-keluarga miskin dan djadikan pengedar narkoba oleh geng-geng penjahat.

Wakil Presiden Jejomar Binay bulan lalu ke Beijing untuk membela dan menyelamatkan nyawa mereka. Pihak berwenang China menanggapi kunjungannya dengan menunda eksekusi mereka, tetapi tetap akan melaksanakan hukuman mati.

Demi menyelamatkan warganya, pemerintah Filipina juga tidak akan menghadiri acara penyerahan Hadiah Nobel Perdamaian di Oslo Desember, yang diberikan kepada pembangkang China yang dipenjarakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com