Reaktor Fukushima Keluarkan Asap Lagi

Kompas.com - 22/03/2011, 09:44 WIB
EditorEgidius Patnistik

OSAKA, KOMPAS.com — Asap dan uap membubung lagi, Selasa (22/3/2011), dari reaktor yang rusak di pembangkit listrik yang diguncang gempa di Fukushima, Jepang, lapor kantor berita Kyodo.

Asap putih terlihat naik ke udara dari reaktor nomor dua dan yang terlihat seperti asap putih juga membubung dari reaktor nomor tiga, kata Kyodo.  Kantor berita itu menambahkan, berbagai upaya untuk menyemprotkan air dan memulihkan listrik untuk sementara telah terhenti.

Sementara itu, kekhawatiran masyarakat dunia mengenai radiasi dari pembangkit listrik yang lumpuh akibat gempa itu belum surut. Adanya asap dan uap putih dari dua reaktor yang paling terancam itu menunjukkan perjuangan untuk mencegah bencana kehancuran masih jauh dari berhasil. Meski tampaknya telah ada kemajuan di kompleks PLTN itu selama 48 jam terakhir, Menteri Perdagangan Jepang Banri Kaieda mengatakan, akan sulit untuk menyatakan situasi telah menuju ke arah yang benar.

"Kami melihat cahaya untuk keluar dari krisis ini," kata Perdana Menteri Naoto Kan, sebagaimana dikutip seorang pejabat. Kan menyampaikan optimisme pada saat paling berat di Jepang sejak Perang Dunia II.

Jauh dari pembangkit listrik tersebut, makin banyak bukti yang ditemukan mengenai radiasi pada sayuran, air, dan susu yang memicu kekhawatiran di kalangan rakyat di Jepang dan luar negeri, kendati banyak pejabat memberi jaminan bahwa tak ada bahaya yang mengancam. Operator pembangkit listrik itu, Tokyo Electric Power Co (TEPCO), menyatakan radiasi ditemukan di Pasifik di dekat pembangkit listrik tersebut.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X