Nuklir Jepang Tak Pengaruhi Ekspor Sayur RI

Kompas.com - 21/03/2011, 07:35 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Menurut pengusaha Bob Sadino, pasca-terjadinya gempa yang disusul radiasi nuklir dan kerusakan hebat di Jepang, ekspor sayur dari Indonesia ke Jepang relatif stabil. "Tidak ada kendala yang berarti selain daripada kondisi produksi sayur dalam negeri," ujarnya kepada KONTAN, Minggu (20/3/2011).

Bob menjelaskan, yang mengalami bencana itu hanya Jepang di bagian utara saja. Justru ekspor dari Indonesia sempat beberapa kali tidak bisa memenuhi permintaan sayur-sayuran ke Jepang karena suplai yang dimiliki tidak mencukupi. Terganggunya suplai bahan makanan dari Indonesia disebabkan musim hujan yang selama ini berlangsung lama dan tidak menentu.

Menurut Bob, selama ini Indonesia mengekspor sayuran-sayuran seperti terong, bayam, dan ubi-ubian (ubi jalar). Peluang-peluang yang dimiliki Indonesia untuk terus mengekspor berbagai jenis bahan makanan ke Jepang tetap ada. Sebab para pengusaha Indonesia setiap saat tetap peka melihat peluang.

Selama ini, ekspor sayur-sayuran dari Indonesia ke Jepang tetap stabil, sekitar satu kontainer tiap minggu. Meskipun perusahaan Bob yang menjadi pemain tunggal dari Indonesia,  Indonesia masih kalah bersaing dengan pengekspor China dan Thailand. "Harga dari China itu jauh lebih murah dari Indonesia," imbuh Bob. (Noverius Laoli/Kontan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.