Iran Lepas Tokoh Oposisi Umur 80 Tahun

Kompas.com - 21/03/2011, 03:49 WIB
Editoryuli

TEHERAN, KOMPAS.com — Ebrahim Yazdi, pemimpin partai liberal terlarang berusia 80 tahun yang ditangkap pada 1 Oktober, dibebaskan dari penjara, Minggu (20/3/2011).

Kantor berita resmi IRNA melaporkan, Yazdi, mantan menteri luar negeri itu, ditangkap di kota Isfahan bersama sejumlah anggota lain Gerakan Kebebasan Iran.

Ia juga ditangkap pada Juni 2009 selama gelombang kerusuhan yang terjadi setelah terpilihnya kembali Presiden Mahmoud Ahmadinejad dalam pemilihan yang dipersoalkan oposisi karena pemilu itu dianggap curang.

IRNA mengatakan, Yazdi mengumumkan pengunduran dirinya sebagai ketua partainya, tanpa memberikan alasan. Ia jadi pejabat tinggi selama pemerintah pertama setelah revolusi Islam 1979 yang menggulingkan kekusaan shah Iran.

Sementara itu, situs-situs oposisi mengatakan, sedikitnya 20 tokoh oposisi yang ditangkap dalam dua tahun terakhir dan dijatuhi hukuman penjara lama diizinkan keluar untuk menikmati liburan tahun baru Iran mulai Senin bersama keluarga mereka.

Mereka harus kembali lagi ke penjara ketika liburan berakhir pada awal April. Iran dilanda pergolakan besar setelah pemilihan presiden Juni 2009 yang disengketakan itu.

Ratusan reformis ditahan dan diadili dalam penumpasan terhadap oposisi pro-reformasi setelah pemilihan umum presiden itu, yang disusul dengan kerusuhan terbesar dalam kurun waktu 31 tahun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.