Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

99 WNI dari Jepang Tiba di Jakarta

Kompas.com - 15/03/2011, 20:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 99 warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Jepang tiba di Jakarta. Kehadiran seluruh WNI tersebut disambut Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa. Beberapa WNI yang tiba di Jakarta merupakan mahasiswa yang tengah menempuh studi di Jepang. Selain itu, juga ada yang tengah bekerja di Negeri Sakura.

”Kami mensyukuri dan bahagia dengan kedatangan saudara-saudara kita di Tanah Air,” kata Marty, Selasa (15/3/2011) di kantor Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Jakarta.

Di dalam sambutannya, Marty menyatakan betapa proses evakuasi WNI dari Jepang sulit dilakukan. Ia pun mengapresiasi kerja KBRI di Tokyo serta Konjen di Osaka.

”Atas kerja sama semua pihak, saya berterima kasih sambil kita sambut yang di sini, saya juga menyatakan bahwa kita tetap harus konsen pada WNI yang masih di sana. Semoga bisa dilindungi dan bisa dievakuasi,” tutur Marty.

Rombongan datang sekitar pukul 19.50. Kedatangan rombongan ini sudah dinantikan sekitar 100 anggota keluarga di Kemlu.

Seorang nenek, Erlinda, tak kuas menahan harunya ketika pertama kali menggendong sang cucu yang sempat tak jelas kabarnya itu. ”Ini Nadia Sofiah, cucu pertama saya, umurnya baru dua minggu. Perasaan saya sangat khawatir karena sempat tidak terdata KBRI, alhamdulillah selamat,” ujar Erlinda.

Anak Erlinda, Nuansa Sulaiman, tengah menimba ilmu untuk meraih gelar S-3 di Universitas Tohoku. Nuansa tinggal di Sendai, salah satu tempat bencana tsunami yang mengalami kerusakaan yang cukup parah. Di sana, Nuansa tinggal bersama seorang anak dan istrinya.

”Ini baru pertama kali saya bertemu cucu saya, dia lucu sekali,” ucap sang nenek yang tak henti-hentinya mencium pipi cucunya tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com