Asa Baru dari Utara

Kompas.com - 15/03/2011, 13:27 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Hampir dua tahun lamanya, perundingan soal nuklir di kawasan Korea terhenti. Pasalnya, Korea Utara (Korut), pada April 2009 justru meninggalkan mitra-mitra dialognya seperti AS, Rusia, dan Jepang. Korea Utara, sebagaimana warta AP dan AFP pada Selasa (15/3/2011), juga meninggalkan seterunya, Korea Selatan (Korsel).

Memang sampai kini, Korsel tetap bersikeras menuntut Korut meminta maaf atas tindakan agresi terkait uji coba nuklir. Korut melancarkan uji coba nuklirnya pada Mei 2009. Sementara, Korsel juga bersikukuh pada tudingannya kalau Korut yang menjadi biang keladi tenggelamnya sebuah kapal perusak Soeul bernama Cheonam.  

Adalah pernyataan yang disampaikan kepada Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Alexei Borodavkin oleh pihak Korut. Isinya, Pyongyang menyatakan siap untuk kembali berunding terkait program pengayaan nuklir negara itu.

Masalah pembicaraan ini merupakan salah satu dari halangan untuk kembali isu pelucutan senjata. Seorang duta Korut disebut-sebut tengah dalam perjalanan ke Rusia guna mendesak pembicaraan. Keributan diplomasi terbaru ini muncul hanya sebulan setelah pembicaraan antara Utara dan Selatan pecah dalam kesengitan.

Kantor berita negara Korea Utara, KCNA, melaporkan komentar dari kementerian luar negeri Pyongyang setelah empat hari kunjungan Borodavkin menemui Menteri Luar Negeri Korut Pak Ui-Chun. "Korea Utara bersedia kembali ke dalam dialog enam pihak tanpa ada syarat apapun,' demikian isi komentar tersebut.

KCNA mengutip seorang juru bicara kementerian yang mengatakan kalau Korea Utara tidak keberatan andai masalah program pengayaan uranium dibicarakan dalam dialog tersebut.

Selama ini Pyongyang selalu mengatakan pengayaan uranium itu merupakan bagian dari program energi. Kendati begitu, AS dan negara lain mengkhawatirkan kalau sebenarnya Korut tengah membangun senjata nuklir.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.