Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

17 Marinir AS Terkena Radiasi di Jepang

Kompas.com - 15/03/2011, 05:42 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Sebanyak 17 anggota tim helikopter kapal induk Ronald Reagan milik Amerika Serikat terkena radiasi dari zat-zat radioaktif yang bocor dari instalasinya akibat diterjang tsunami di Jepang.

Namun, menurut Juru Bicara Departemen Pertahanan AS Kolonel David Lapan, "Orang-orang itu semua telah dibebaskan dari zat-zat radioaktif dengan sabun dan air."

Ke-17 marinir di tim helikopter itu merupakan bagian dari awak delapan kapal angkatan laut AS, termasuk kapal induk Ronald Reagan yang sudah berada di Jepang, Senin (14/3/2011).

Kedelapan kapal membantu operasi pertolongan dan pemulihan di Jepang, sebanyak lima lagi kapal lain sedang dalam perjalanan ke negara itu.

"Kami sekarang memiliki delapan kapal yang ditempatkan di timur Honshu, lima lagi dalam perjalanan," kata Kolonel David Lapan.

Material radioaktif dari salah satu reaktor di tempat pembangkit Fukushima Dai-Ichi telah memaksa beberapa pesawat dan (kapal) pengawal angkatan lautnya untuk pindah, katanya.

Kapal induk itu akan berfungsi sebagai panggung mengapung untuk mengisi kembali bahan bakar helikopter-helikopter militer dan sipil Jepang. Aset kapal itu, termasuk sekitar 80 pesawat dan helikopter, akan digunakan untuk pengintaian dan membawa air serta selimut ke orang-orang yang telantar, jelas Lapan.

Marinir yang ditempatkan di Pulau Okinawa, Jepang, telah dikerahkan kembali di timur laut ke Honshu, tempat terburuk yang terkena gempa bermagnitud 8,9 dan tsunami sangat besar, Jumat, dan aset lainnya telah menuju ke Pulau Hokkaido, tempat mereka akan membantu mengangkut tentara Jepang.

Kapal dok pendaratan USS Tortuga akan tiba di kawasan itu pada Selasa dan akan membongkar muatan sebanyak 300 anggota pasukan bela diri Jepang dan 90 kendaraan, kata Lapan. Kapal itu juga membawa beberapa helikopter pencarian dan pertolongan MH-53 Pave Low.

Kapal serang amfibi USS Essex, yang juga membawa sejumlah helikopter, dan dua kapal dok lainnya, USS Germantown dan USS Harpers Ferry, akan tiba pada Rabu dengan 2.000 marinir di atasnya.

Kapal komando Armada Ketujuh AS, USS Blue Ridge, juga diperkirakan tiba pada Rabu, penuh dengan bantuan kemanusiaan. Sekitar 38.000 tentara AS akan ditempatkan di Jepang dan 11.000 tentara yang lain bermarkas di kapal-kapal di lepas pantai negara itu.

Jepang telah mengirim sekitar 100.000 tentaranya ke wilayah timur laut yang dicabik gempa, sekitar 40 persen dari pasukan bersenjata negara itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com