17 Marinir AS Terkena Radiasi di Jepang

Kompas.com - 15/03/2011, 05:42 WIB
Editoryuli

WASHINGTON, KOMPAS.com — Sebanyak 17 anggota tim helikopter kapal induk Ronald Reagan milik Amerika Serikat terkena radiasi dari zat-zat radioaktif yang bocor dari instalasinya akibat diterjang tsunami di Jepang.

Namun, menurut Juru Bicara Departemen Pertahanan AS Kolonel David Lapan, "Orang-orang itu semua telah dibebaskan dari zat-zat radioaktif dengan sabun dan air."

Ke-17 marinir di tim helikopter itu merupakan bagian dari awak delapan kapal angkatan laut AS, termasuk kapal induk Ronald Reagan yang sudah berada di Jepang, Senin (14/3/2011).

Kedelapan kapal membantu operasi pertolongan dan pemulihan di Jepang, sebanyak lima lagi kapal lain sedang dalam perjalanan ke negara itu.

"Kami sekarang memiliki delapan kapal yang ditempatkan di timur Honshu, lima lagi dalam perjalanan," kata Kolonel David Lapan.

Material radioaktif dari salah satu reaktor di tempat pembangkit Fukushima Dai-Ichi telah memaksa beberapa pesawat dan (kapal) pengawal angkatan lautnya untuk pindah, katanya.

Kapal induk itu akan berfungsi sebagai panggung mengapung untuk mengisi kembali bahan bakar helikopter-helikopter militer dan sipil Jepang. Aset kapal itu, termasuk sekitar 80 pesawat dan helikopter, akan digunakan untuk pengintaian dan membawa air serta selimut ke orang-orang yang telantar, jelas Lapan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Marinir yang ditempatkan di Pulau Okinawa, Jepang, telah dikerahkan kembali di timur laut ke Honshu, tempat terburuk yang terkena gempa bermagnitud 8,9 dan tsunami sangat besar, Jumat, dan aset lainnya telah menuju ke Pulau Hokkaido, tempat mereka akan membantu mengangkut tentara Jepang.

Kapal dok pendaratan USS Tortuga akan tiba di kawasan itu pada Selasa dan akan membongkar muatan sebanyak 300 anggota pasukan bela diri Jepang dan 90 kendaraan, kata Lapan. Kapal itu juga membawa beberapa helikopter pencarian dan pertolongan MH-53 Pave Low.

Kapal serang amfibi USS Essex, yang juga membawa sejumlah helikopter, dan dua kapal dok lainnya, USS Germantown dan USS Harpers Ferry, akan tiba pada Rabu dengan 2.000 marinir di atasnya.

Kapal komando Armada Ketujuh AS, USS Blue Ridge, juga diperkirakan tiba pada Rabu, penuh dengan bantuan kemanusiaan. Sekitar 38.000 tentara AS akan ditempatkan di Jepang dan 11.000 tentara yang lain bermarkas di kapal-kapal di lepas pantai negara itu.

Jepang telah mengirim sekitar 100.000 tentaranya ke wilayah timur laut yang dicabik gempa, sekitar 40 persen dari pasukan bersenjata negara itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.