Putin: Ledakan PLTN Tak Mengancam Rusia

Kompas.com - 14/03/2011, 22:16 WIB
EditorBenny N Joewono

TOMSK, KOMPAS.com — Dua ledakan dalam tiga hari di pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Jepang tidak memberikan ancaman bagi Rusia.

"Kekhawatiran terhadap kebocoran radioaktif di pembangkit listrik itu tidak akan mengganggu perkembangan tenaga nuklir Rusia," ujar Perdana Menteri Vladimir Putin pada Senin (14/3/2011).

Sistem pendingin di PLTN Fukushima Dai-Ichi rusak akibat gempa besar dan gelombang tsunami pada Jumat dan diyakini mengakibatkan sedikitnya 10.000 orang meninggal di sepanjang wilayah barat laut Jepang.

Ledakan tersebut mengguncang unit pertama dan ketiga dari PLTN itu dan kekhawatiran tentang ledakan susulan meningkat seiring kehilangan sistem pendingin dari pembangkit kedua sehingga batang nuklir dalam keadaan telanjang.

"Pakar kami meyakini bahwa ledakan nuklir, yang dapat menghancurkan reaktor itu, tidak akan terjadi. Kami yakin bahwa tidak ada ancaman mencapai wilayah Rusia," kata Putin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.