Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ledakan di Reaktor Nuklir Lukai 11 Orang

Kompas.com - 14/03/2011, 20:01 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Ledakan kedua pada reaktor nuklir di Fukushima, Jepang kembali terjadi Senin (14/3/2011) sekitar pukul 11.01 waktu setempat. Nuclear and Industrial Safety Agency mengatakan, ledakan tersebut berasal dari ledakan hidrogen pada reaktor nomor 3.

Ledakan tidak menimbulkan kerusakan berarti pada kompleks reaktor. Namun, 11 orang dilaporkan mengalami luka-luka, termasuk 4 orang pekerja dalam industri tersebut dan 4 orang staf keamanan.

Nuclear and Industrial Safety Agency tersebut menghimbau agar siapa saja yang berada pada rentang wilayah 20 kilometer dari reaktor untuk tetap berada dalam ruangan. Sekitar 500 orang dilaporkan masih berada di area tersebut.

Sekretaris Kabinet Yukio Edano mengatakan bahwa ia telah menerima laporan ledakan tersebut. Ia mengatakan, sejauh ini volume material radioaktif yang tersebar ke angkasa masih berada pada level rendah.

Ledakan tersebut terjadi sebagai risiko upaya pendinginan yang dilakukan dengan mengalirkan air laut ke reaktor secara langsung karena sistem pendinginnya rusak. Hal tersebut menimbulkan reaksi yang menghasilkan hidrogen ke udara sehingga menimbulkan ledakan saat bertemu oksigen di stmosfer. Nuclear and Industrial Safety Agency menyatakan, meski dinding dan atap bangunan habis, bilik reaktor tetap utuh sehingga batang nuklir masih aman tidak meleleh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com