Ledakan di Reaktor Nuklir Lukai 11 Orang

Kompas.com - 14/03/2011, 20:01 WIB
EditorTri Wahono

TOKYO, KOMPAS.com - Ledakan kedua pada reaktor nuklir di Fukushima, Jepang kembali terjadi Senin (14/3/2011) sekitar pukul 11.01 waktu setempat. Nuclear and Industrial Safety Agency mengatakan, ledakan tersebut berasal dari ledakan hidrogen pada reaktor nomor 3.

Ledakan tidak menimbulkan kerusakan berarti pada kompleks reaktor. Namun, 11 orang dilaporkan mengalami luka-luka, termasuk 4 orang pekerja dalam industri tersebut dan 4 orang staf keamanan.

Nuclear and Industrial Safety Agency tersebut menghimbau agar siapa saja yang berada pada rentang wilayah 20 kilometer dari reaktor untuk tetap berada dalam ruangan. Sekitar 500 orang dilaporkan masih berada di area tersebut.

Sekretaris Kabinet Yukio Edano mengatakan bahwa ia telah menerima laporan ledakan tersebut. Ia mengatakan, sejauh ini volume material radioaktif yang tersebar ke angkasa masih berada pada level rendah.

Ledakan tersebut terjadi sebagai risiko upaya pendinginan yang dilakukan dengan mengalirkan air laut ke reaktor secara langsung karena sistem pendinginnya rusak. Hal tersebut menimbulkan reaksi yang menghasilkan hidrogen ke udara sehingga menimbulkan ledakan saat bertemu oksigen di stmosfer. Nuclear and Industrial Safety Agency menyatakan, meski dinding dan atap bangunan habis, bilik reaktor tetap utuh sehingga batang nuklir masih aman tidak meleleh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.