Ada Radiasi, Kapal Induk AS Menyingkir

Kompas.com - 14/03/2011, 18:42 WIB
EditorEgidius Patnistik

TOKYO, KOMPAS.com - Kapal induk Amerika Serikat yang ditempatkan untuk upaya bantuan korban bencana Jepang telah dipindahkan posisinya, Senin, setelah menemukan adanya pancaran radiasi dari pembangkit nuklir.

"Armada Laut Ketujuh AS sementara telah memindahkan kapal dan pesawatnya menjauhi Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima Dai-Ichi setelah menemukan kontaminasi radioaktif tingkat rendah di udara dan di pesawat yang beroperasi di wilayah itu," kata Armada Laut Ketujuh AS itu dalam sebuah pernyataan. "Sumber pemancaran radioaktif di udara ini berasal dari PLTN Fukushima Dai-Ichi," tulis pernyataan itu.

Pernyataan itu menyebutkan bahwa tingkat radiasi saat ini masih rendah sehingga tidak menyebabkan gangguan kesehatan, tingkat  yang lebih rendah dari pancaran radiasi alami seperti dari batu, tanah dan matahari.

Kapal induk tersebut sebelumnya berlokasi di 160 kilometer di timur laut PLTN itu. "Sebagai langkah pencegahan awal, Kapal Induk USS Ronald Reagan dan kapal lain dari Armada Laut Ketujuh yang terlibat dalam operasi bantuan bencana di wilayah itu telah bergerak melawan arah angin dari lokasi tersebut guna menyelidiki situasi dan mengetahui langkah mitigasi yang diperlukan," tulis pernyataan itu.

Pernyataan itu juga menambahkan bahwa pancaran radioaktif tingkat rendah dideteksi dengan menggunakan perangkat sensitif terhadap 17 awak dari tiga helikopter yang kembali ke USS Ronald Reagen setelah melakukan misi bantuan di dekat Sendai. "Pancaran radioaktif tingkat rendah tersebut dengan mudah dihilangkan dari orang yang terkontaminasi dengan menggunakan sabun dan air, mereka kemudian dipantau dan tidak ada kontaminasi lebih lanjut," tulis pernyataan itu.

Pernyataan tersebut menambahkan bahwa AS akan tetap berkomitmen terhadap misinya guna memberikan bantuan terhadap rakyat Jepang yang dilanda salah satu bencana alam terparah dalam sejarah itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.