Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ledakan Kedua Terjadi di Reaktor Nuklir

Kompas.com - 14/03/2011, 18:34 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Jepang masih menghadapi krisis darurat nuklir. Setelah berjuang keras mengatasi masalah pada reaktor nomor satu di PLTN Fukushima, ledakan kembali terjadi di reaktor lainnya, Senin (14/3/2011). Asap putih mengepul dari reaktor tersebut setelah terdengar ledakan dan dilaporkan beberapa pekerja di sana terluka. Ledakan tersebut terjadi pada reaktor nomor 3 yang juga mengalami masalah pada sistem pendinginnya usai diguncang gempa secara beruntun sejak gempa 9 Skala Richter (SR) mengguncang Jepang, Jumat lalu.

Untuk mendinginkan reaktor yang masih panas mesti telah dimatikan, pihak pengelola berupaya menggunakan air laut secara langsung. Perusahaan yang mengoperasikan reaktor nuklir itu, Tokyo Electric Power Co (TEPCO), sadar bahwa pendinginan langsung dengan air laut bisa menimbulkan tekanan tinggi di sekitar reaktor dan dapat memicu ledakan. Gas hidrogen yang dihasilkan dari proses pendinginandengan air laut menimbulkan ledakan saat bertemu gas oksigen di atmosfer. Namun, mereka tak punya pilihan untuk mencegah reaktor lumer dan berisiko melepas zat radioaktif lebih besar.

"Selongsong penahan luar di reaktor unit 3 tetap utuh," kata Kepala Sekretaris Kabinet jepang Yukio Edano menjelaskan ledakan tersebut. Namun, bangunan di sekitarnya tidak dapat menahan ledakan tersebut sehingga runtuh dan tersisa kerangkanya saja. Hal tersebut merupakan bagian dari usaha penyelamatan reaktor seperti yang dilakukan pada reaktor nomor satu, Sabtu lalu.

TEPCO menyatakan tingkat radiasi di sekitar reakot nomor 3 tersebut masih di bawah ambang batas untuk dilaporkan kepada pemerintah. Meski demikian, lebih dari 180.000 penduduk yang bermukim di sekitar reaktor kini telah diungsikan untuk mencegah dampak radiasi. Sebanyak 160 orang dilaporkan terpapar radiasi nuklir.

Saat ini, TEPCO juga masih berjuang melakukan pendinginan di reaktor nomor 2 yang juga mengalamai masalah yang sama. Upaya pendinginan dengan air laut diperkirakan jug akan menimbulkan ledakan serupa. Total ada enam reaktor yang ditetapkan dalam kondisi darurat di Fukushima. Tiga reaktor di Dai-ichi dan tiga lainnya di Fukushima Daini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com