Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intervensi Bank Sentral Jepang Membuat Yen Melemah

Kompas.com - 14/03/2011, 11:55 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Musibah gempa dan tsunami di Jepang membuat mata uang di negara itu ikut melemah terhadap dollar. Tidak hanya itu, yen juga keok atas 14 dari 16 mata uang utama dunia.

Pelemahan yen terjadi setelah bank sentral Jepang mengatakan akan menyuntik dana senilai 12 triliun yen atau setara dengan 146 miliar dollar AS dengan tujuan untuk menstabilkan pasar setelah terjadinya gempa terparah yang pernah terjadi di negara itu.

"Apresiasi yen akan membuat pemerintah Jepang lebih mudah untuk mendapatkan konsensus untuk melakukan intervensi dari negara lain. Bank of Tokyo pernah bilang akan melakukan sejumlah kebijakan untuk menstabilkan pasar. Kondisi itu akan memperlambat penguatan yen," papar Takashi Kudo, general manager of market information services NTT SmartTrade Inc di Tokyo.

Asal tahu saja, pada pukul 11.22 waktu Tokyo, yen berada di posisi 82,22 per dollar. Sebelumnya, yen ditransaksikan pada level 80,62 per dollar dan merupakan level paling perkasa sejak 9 November lalu.

Jika berhadapan dengan euro, yen melemah 0,6 persen menjadi 114,49 per euro. (Barratut Taqiyyah/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com