Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Jepang Terjadi 1.000 Tahun Sekali

Kompas.com - 13/03/2011, 15:36 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Gempa besar yang melanda Jepang pada Jumat 11 Maret 2011 terjadi akibat pergerakan beberapa lempeng sekaligus. Akibatnya, terjadi gempa dengan intensitas tinggi yang hanya bisa terjadi setiap 1.000 tahun.

"Saya tak bisa mengungkapkan lewat kata-kata betapa kagetnya melihat skala gempa. Ini mungkin sama dengan gempa di Jogan. Gempa seperti ini hanya bisa terjadi setiap 1.000 tahun," kata Katsuyuki Abe, ketua komisi penelitian gempa Jepang, Minggu (13/3/2011).

Gempa Jogan terjadi pada tahun 869. Analisis National Institute of Advaced Industrial Science and Technology (AIST) menengarai, gempa tersebut terjadi di wilayah sepanjang 200 km dan lebar 100 km antara Miyagi dan Prefektur Fukujima.

Profesor Universitas Tokyo Takashi Furumura mengatakan, gempa ini bisa memacu inland earthquake. Inland earthquake pernah melanda Aichi Prefecture pada tahun 1945, terjadi antara Gempa Tonankai tahun 1944 dan Nankai tahun 1946.

Berdasarkan data NGC NOAA, hingga saat ini Jepang telah mengalami sekitar 370 gempa dengan kekuatan dan kerusakan yang signifikan. Jepang terletak di wilayah Cincin Api Pasifik sehingga memiliki potensi gempa tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com