Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Direvisi, Gempa Jepang Berkekuatan 9 SR

Kompas.com - 13/03/2011, 15:08 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Badan Metereologi Jepang mengatakan bahwa besaran gempa bumi yang melanda wilayah timur laut Jepang pada Jumat lalu mencapai 9 skala Ritcher. Demikian dikutip kantor berita Jepang, Kyodo, Minggu (13/3/2011).

Sebelumnya, Badan Meteorologi Jepang mengatakan, kekuatan gempa bumi yang disusul tsunami tersebut 8,9 skala Ritcher (8,9 SR). Gempa ini, seperti dilansir Kyodo merupakan salah satu gempa bumi terbesar di Jepang.

Saat ini, jumlah korban tewas akibat gempa bumi yang disusul tsunami tersebut mencapai sekitar 2.000 orang. Di Prefektur Fukushima, jumlah korban tewas diperkirakan mencapai 1.167 orang. Di Prefektur Miyagi dan Iwate setidaknya ditemukan 600 jenazah. Sementara itu, di Miyagi, 200 jenazah baru ditemukan.

Menurut juru bicara kepolisian Miyagi, Go Sugawara, korban tewas di Miyagi mungkin mencapai 10.000 jiwa. Miyagi adalah wilayah yang terkena dampak terburuk dari tragedi gempa dan tsunami pada Jumat lalu. Sebagaimana diketahui, gempa berkekuatan 9 SR telah menyebabkan tsunami setinggi 4-10 meter.

Gelombang tsunami juga dilaporkan telah merusak 20.820 bangunan. Saat ini, menurut pemerintah pusat dan daerah, lebih dari 300.000 orang telah dievakuasi di tempat-tempat penampungan yang terletak di enam prefektur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com