Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantu Akses Internet, Divonis 15 Tahun

Kompas.com - 13/03/2011, 04:58 WIB

HAVANA, KOMPAS.com — Kontraktor bantuan Amerika Serikat, Alan Gross, dijatuhi hukuman 15 tahun penjara oleh pengadilan di Kuba.

Pengusaha berusia 61 tahun itu dianggap terbukti bekerja untuk meruntuhkan pemerintah komunis Kuba, sebagaimana dilaporkan televisi milik negara Kuba, Sabtu (12/3/2011).

Putusan itu menyusul pemeriksaan pengadilan dua hari pekan lalu ketika Pemerintah Kuba mengatakan para penuntut telah menyampaikan bukti bahwa Gross terlibat "proyek subversif" untuk "menumbangkan revolusi". Penuntut semula mengajukan hukuman 20 tahun penjara.

Gross dituduh mendistribusikan peralatan komunikasi satelit yang canggih untuk akses internet berdasarkan program yang tidak sah dan dianggap subversif oleh Pemerintah Kuba.

Ia secara resmi didakwa bertindak melawan kemerdekaan dan integritas teritorial negara itu dan dapat naik banding atas putusan tersebut ke pengadilan tertinggi di Kuba.

AS yang telah cekcok dengan Kuba selama lebih dari lima dasawarsa mengatakan, Gross memberikan akses internet kepada kelompok-kelompok Yahudi, tetapi tidak melakukan kejahatan.

Kasus itu telah menghentikan periode perbaikan singkat dalam hubungan AS-Kuba dan dapat membuat kerusakan lama jika Gross dipenjara untuk waktu lama.

Beberapa pengamat yakin bahwa solusi politik akan dicapai, yang akan memungkinkan Gross untuk segera pergi dengan bebas.

Para pemimpin Kuba menganggap pekerjaan Gross sebagai bagian dari upaya lama AS untuk menyabot pemerintah komunis yang memerintah setelah Fidel Castro naik ke kekuasaan melalui revolusi 1959.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com