Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Main-main dengan Leyzaola!

Kompas.com - 12/03/2011, 16:30 WIB

KOMPAS.com — Sosok Julian Leyzaola memang membikin gentar para begundal kartel narkoba di Meksiko. Pada 2008, saat ia menjadi orang nomor satu di kepolisian Tijuana, Leyzaola sukses mencokok Teodoro "El Teo" Garcia Simental. Tokoh paling dicari ini adalah pemimpin kartel Tijuana. Sebelumnya, cuma dalam seminggu, Simental membunuh lima polisi.

Kini, Leyzaola yang berkali-kali luput dari incaran pembunuhan menjabat sebagai Kepala Kepolisian Ciudad Juarez. Kota yang penuh dengan aroma kematian hampir tiap hari ini adalah sasaran penting kepolisian terkait pemberantasan kartel narkoba. Sampai akhir 2010, menurut catatan AP dan AFP pada Sabtu (12/3/2011), sebanyak 3.000 orang tewas sia-sia di kota itu gara-gara silang sengketa narkoba.

"Melihat reputasinya di Tijuana, kami berharap Leyzaola bisa melakukan hal yang sama di Ciudad Juarez," kata Juru Bicara Kepolisian Ciudad Juarez Adrian Sanchez.

Sadar menjadi incaran penjahat, Julian Leyzaola sudah lama mengungsikan keluarganya keluar dari Meksiko. Ia sendiri lebih sering tidur di barak militer untuk menjaga keselamatan dirinya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com