Jangan Main-main dengan Leyzaola!

Kompas.com - 12/03/2011, 16:30 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Sosok Julian Leyzaola memang membikin gentar para begundal kartel narkoba di Meksiko. Pada 2008, saat ia menjadi orang nomor satu di kepolisian Tijuana, Leyzaola sukses mencokok Teodoro "El Teo" Garcia Simental. Tokoh paling dicari ini adalah pemimpin kartel Tijuana. Sebelumnya, cuma dalam seminggu, Simental membunuh lima polisi.

Kini, Leyzaola yang berkali-kali luput dari incaran pembunuhan menjabat sebagai Kepala Kepolisian Ciudad Juarez. Kota yang penuh dengan aroma kematian hampir tiap hari ini adalah sasaran penting kepolisian terkait pemberantasan kartel narkoba. Sampai akhir 2010, menurut catatan AP dan AFP pada Sabtu (12/3/2011), sebanyak 3.000 orang tewas sia-sia di kota itu gara-gara silang sengketa narkoba.

"Melihat reputasinya di Tijuana, kami berharap Leyzaola bisa melakukan hal yang sama di Ciudad Juarez," kata Juru Bicara Kepolisian Ciudad Juarez Adrian Sanchez.

Sadar menjadi incaran penjahat, Julian Leyzaola sudah lama mengungsikan keluarganya keluar dari Meksiko. Ia sendiri lebih sering tidur di barak militer untuk menjaga keselamatan dirinya.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.