Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terdengar Ledakan di Reaktor Nuklir

Kompas.com - 12/03/2011, 15:12 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Suara ledakan terdengar dari fasilitas reaktor nuklir Fukushima, Jepang, Sabtu (12/3/2011), yang tengah mendapat perhatian serius karena mengalami masalah setelah diguncang gempa kemarin. Tak lama kemudian asap putih mengepul dan dilaporkan sejumlah pekerja terluka.

Demikian laporan terakhir yang dilansir Reuters mengutip kantor berita Jepang Jiji. Sementara AFP melaporkan beberapa pekerja di fasilitas pembangkit listrik tenaga nuklir tersebut mengalami luka-luka dan tingkat radioaktivitas di sekitarnya naik menjadi 20 kali lipat daripada sebelumnya. Kntor berita AP merilis pernyataan pejabat pemerintah bahwa hal tersebut menandai melelehnya reaktor tersebut.

Salah satu reaktor nuklir di Fukushima mengalami kerusakan pada fasilitas pendingin. Meski telah dimatikan, reaktor tersebut masih tetap panas dan berpotensi meleleh. Pihak keamanan telah memerintahkan 45.000 penduduk yang tinggal dalam radius kurang dari 10 kilometer untuk meninggalkan lokasi. Ada risiko radiasi akibat kebocoran zat radioaktif.

Sebelumnya, operator pembangkit tersebut Tokyo Electric Power (TEPCO) menyatakan bahwa sistem pendingin telah pulih kembali. Reaktor yang atelah dimatikan namun masih panas sempat didinginkan secara langsung terpapar ke udara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com