Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Pastikan Tak Ada Kebocoran Nuklir

Kompas.com - 11/03/2011, 19:45 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Perdana Menteri Jepang Naoto Kan memastikan tidak ada kebocoran nuklir dari sejumlah reaktor nuklir pascagempa dan tsunami, Jumat (11/3/2011) siang. Namun, semua reaktor yang dekat pusat gempa untuk sementara dimatikan demi keamanan.

”Saya meminta semua warga untuk tenang, namun tetap memantau terus informasi lewat radio dan televisi,” ujar Naoto Kan seperti dilansir kantor berita AFP.

Meski tidak ada kebocoran, pemerintah mengumumkan keadaan darurat pada salah satu reaktor nuklir di Fukushima. Reaktor nomor satu tersebut mengalami masalah teknis sehingga sistem pendinginnya tidak berfungsi setelah terjadi gempa. Ini merupakan keputusan kondisi darurat nuklir untuk pertama kalinya yang dilakukan Jepang.

”Kami telah melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk. Kami mengerahkan segala upaya untuk menghadapi situasi seperti ini,” kata Sekretaris Kabinet Jepang Yukio Edano.

Fukushima merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan daerah terdampak bencana paling parah di Miyagi. Di Miyagi, kebakaran terjadi di turbin sebuah reaktor nuklir Onagawa. Sebuah reaktor nuklir lain di Onagawa juga mengalami kebocoran di fasilitas penampung air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com