Siaga Tsunami, AS Peringatkan Pasifik

Kompas.com - 11/03/2011, 14:50 WIB
EditorLatief

WASHINGTON, KOMPAS.com — Pemerintah Amerika Serikat menerbitkan peringatan siaga tsunami untuk wilayah Pantai Barat Pasifik dan Hawaii, Jumat (11/3/2011). Peringatan tersebut menyusul gempa 8,9 yang disertai hantaman gelombang tsunami di pantai timur Jepang.

Masyarakat saat ini diminta menunggu informasi lanjutan dari pemerintah. Petugas di Pusat Peringatan Dini Tsunami untuk wilayah Pasifik dan Hawaii menyatakan, tsunami diramalkan terjadi selepas gempa yang akan terjadi sekitar pukul 02.45 waktu setempat di kawasan Hawaii, sementara di Pantai Barat akan terjadi pukul 07.45 waktu setempat.

"Dengan gempa sebesar ini, kita bisa memastikan gelombang air di Pantai Barat," ujar Cindy Preller, petugas di kantor pusat peringatan dini tsunami tersebut.

Cindy menambahkan bahwa saat ini masyarakat di pulau-pulau sekitar wilayah tersebut telah diberi peringatan. Menurut Cindy, peringatan itu bisa diartikan bahwa kawasan pantai harus "bersih", termasuk pelabuhan. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X