Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Kebakaran Terjadi di Tokyo

Kompas.com - 11/03/2011, 14:05 WIB

KOMPAS.com — Pascagempa berkekuatan 8,9 yang melanda kawasan laut di timur laut Jepang, pada Jumat (11/3/2011) siang, terjadi enam kebakaran di Kota Tokyo. Sementara itu, sebagaimana warta CNN, AP, dan AFP, sistem kereta api bawah tanah pun terhenti.

Laporan juga menunjukkan beberapa orang terluka setelah atap sebuah gedung pertemuan sekolah di Tokyo bagian timur roboh. "Jumlah korban luka cukup banyak tapi kami belum bisa mengidentifikasi jumlah korban tewas," begitu kata pernyataan pihak Tim Pemadam Kebakaran.

Adapun tayangan televisi menunjukkan terjangan air laut yang masuk ke wilayah Miyagi di Pulau Honsyu. Getaran gempa terasa kuat di Kota Tokyo. Di ibu kota Jepang itu, terdapat 30 juta warga yang beraktivitas sehari-hari.

Menurut catatan Survei Geologi AS, guncangan gempa kali pertama berada di sekitar 385 kilometer timur laut Tokyo. Kejadian itu memunculkan getaran berkekuatan 7,9. Sementara peringatan dini tsunami sudah aktif untuk wilayah Jepang, Taiwan, Rusia, dan Pulau Mariana, demikian Pusat Peringatan Dini Tsunami di Pasifik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com