Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Tewaskan Warga Jolo

Kompas.com - 10/03/2011, 18:33 WIB

ZAMBOANGA, KOMPAS.com — Sebuah ledakan kuat yang diyakini berasal dari bom rakitan menewaskan lima orang di luar sekolah dasar di pulau Filipina selatan, Jolo, Kamis (10/3/2011), menurut militer.    

Warga yang tewas adalah pengemudi becak yang sedang menunggu penumpang. Sekolah masih kosong ketika insiden itu terjadi di Jolo. Sebagaimana warta sebelumnya, Jolo dikenal sebagai kubu pertahanan gerilyawan garis keras yang berkaitan dengan Al Qaeda, menurut kepala militer Brigjen Romeo Tanalgo. "Dua orang tewas di tempat kejadian, sedangkan tiga lainnya meninggal di rumah sakit. Tiga lainnya cedera. Para pakar bom militer diberangkatkan ke daerah itu," katanya kepada para wartawan.    

"Ledakan kuat itu merusak gedung sekolah tersebut," katanya menambahkan.    

Tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. Meskipun tudingan berbagai pengeboman sebelumnya di pulau itu ditujukan kepada kelompok Abu Sayyaf.     Didirikan pada 1990-an dengan uang dari Al Qaeda, Abu Sayyaf adalah geng kecil militan Islam yang disalahkan atas serangan-serangan teroris  terburuk di negara itu. Kelompok ini juga disalahkan atas penculikan dan pembunuhan terhadap sasaran Barat, misionaris Kristen, dan warga negara biasa.    

Ledakan di Jolo terjadi hanya beberapa jam setelah militer mengumumkan helikopter tempur dan komando mereka menyerbu sebuah sarang Abu Sayyaf di Basilan di dekat pulau tersebut untuk mencari dua komandan pemberontak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com