Bom Tewaskan Warga Jolo

Kompas.com - 10/03/2011, 18:33 WIB
EditorJosephus Primus

ZAMBOANGA, KOMPAS.com — Sebuah ledakan kuat yang diyakini berasal dari bom rakitan menewaskan lima orang di luar sekolah dasar di pulau Filipina selatan, Jolo, Kamis (10/3/2011), menurut militer.    

Warga yang tewas adalah pengemudi becak yang sedang menunggu penumpang. Sekolah masih kosong ketika insiden itu terjadi di Jolo. Sebagaimana warta sebelumnya, Jolo dikenal sebagai kubu pertahanan gerilyawan garis keras yang berkaitan dengan Al Qaeda, menurut kepala militer Brigjen Romeo Tanalgo. "Dua orang tewas di tempat kejadian, sedangkan tiga lainnya meninggal di rumah sakit. Tiga lainnya cedera. Para pakar bom militer diberangkatkan ke daerah itu," katanya kepada para wartawan.    

"Ledakan kuat itu merusak gedung sekolah tersebut," katanya menambahkan.    

Tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. Meskipun tudingan berbagai pengeboman sebelumnya di pulau itu ditujukan kepada kelompok Abu Sayyaf.     Didirikan pada 1990-an dengan uang dari Al Qaeda, Abu Sayyaf adalah geng kecil militan Islam yang disalahkan atas serangan-serangan teroris  terburuk di negara itu. Kelompok ini juga disalahkan atas penculikan dan pembunuhan terhadap sasaran Barat, misionaris Kristen, dan warga negara biasa.    

Ledakan di Jolo terjadi hanya beberapa jam setelah militer mengumumkan helikopter tempur dan komando mereka menyerbu sebuah sarang Abu Sayyaf di Basilan di dekat pulau tersebut untuk mencari dua komandan pemberontak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.