Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 7,3 Skala Richter Guncang Jepang

Kompas.com - 10/03/2011, 04:50 WIB

TOKYO, RABU - Gempa berkekuatan 7,3 skala Richter dan berpusat di lepas pantai Jepang mengguncang Tokyo, Jepang. Kompleks permukiman dan gedung perkantoran di episentrum gempa bergoyang, Rabu (9/3).

Menurut otoritas meteorologi setempat, pusat gempa terjadi di kedalaman 10 kilometer di dasar Samudra Pasifik dengan jarak sekitar 160 kilometer di lepas pantai timur laut Tokyo.

Disebutkan pula gempa tersebut memicu kenaikan gelombang laut setinggi 60 sentimeter, tetapi cukup menyapu kawasan pantai Pasifik.

Pihak Kepolisian Tokyo melaporkan, gempa tidak menyebabkan korban jiwa dan juga tidak menimbulkan kerusakan berarti, baik pada bangunan gedung perkantoran dan permukiman di Tokyo maupun sejumlah fasilitas atau bangunan vital lain.

Fasilitas vital seperti jalur kereta api supercepat Shinkansen dan fasilitas pembangkit listrik tenaga nuklir juga kembali beroperasi dengan baik.

Peringatan tentang kemungkinan terjadi tsunami dikeluarkan beberapa menit setelah gempa terjadi. Namun, peringatan bahaya tsunami dicabut kembali tiga jam kemudian.

Sistem peringatan dini bencana gempa di Tokyo, kota berpopulasi 30 juta orang, sudah berjalan dengan baik. Semua stasiun televisi di Jepang langsung menghentikan aktivitas siaran untuk menunggu pengumuman resmi terkait gempa dan potensi tsunami yang mungkin terjadi. Stasiun televisi juga siap mengumumkan langkah antisipasi lain jika diperlukan.

Tetap dihantui ketakutan

Walau kali ini tanpa kerusakan berarti, masyarakat Jepang masih dihantui dengan prediksi soal kemungkinan terjadi lagi ”gempa besar”. Gempa tersebut pernah terjadi tahun 1923 di Tokyo atau dikenal dengan istilah Gempa Besar Kanto, yang ketika itu memakan korban jiwa hingga 140.000 orang.

Komite Riset Gempa milik Pemerintah Jepang memperingatkan ada 70 persen kemungkinan gempa besar berkekuatan 8 skala Richter bakal terjadi kembali dalam 30 tahun ke depan di tempat yang sama di Tokyo.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com