Indonesia Bantu Perundingan di Mindanao

Kompas.com - 08/03/2011, 18:57 WIB
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan kesediaan Pemerintah Indonesia untuk berkontribusi dalam penyelesaian permasalahan keamanan di Filipina Selatan. Di kawasan tersebut, kerap terjadi konflik antara kelompok Moro Islamic Liberation Front dan aparat penegak hukum. Hal ini disampaikan Presiden Yudhoyono setelah melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Filipina Benigno Simeon Aquino III di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (8/3/2011).

”Indonesia bersedia menjadi anggota international monitoring team, sebagaimana dulu Filipina juga membantu Indonesia dalam tugas monitoring saat proses perdamaian di Aceh dilakukan,” kata Presiden pada pernyataan pers bersama.

Menurut Presiden, pemerintah Indonesia diminta Pemerintah Filipina untuk ambil bagian dalam international monitoring team (IMT).

Kesediaan ini kembali ditegaskan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa kepada para wartawan. ”Kami sepakat berkontribusi dalam IMT di Mindanao. Indonesia telah membantu proses perundingan Pemerintah Filipina dengan Moro Islamic Liberation Front,” katanya.

Permintaan ini, kata Marty, menunjukkan bahwa Indonesia diberi kepercayaan untuk menengahi situasi konflik. Terkait komposisi tim yang hendak dikirim pemerintah, Marty mengatakan hal tersebut belum ditentukan. ”Belum. Memang ada dari ulama dan lain-lain yang sifatnya memang multidimensional. Sekarang ada dual track yang sedang kami upayakan, yaitu Kamboja-Thailand dan Filipina,” kata Marty.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.